Generation Z Generation Z's Response in Medan City to Social Media Instagram Influencers (A Case Study of Rachel Vennya and Fadil Jaidi's Followers) Respon Generasi Z di Kota Medan Terhadap Sosok Influencer Media Sosial Instagram (Studi Kasus Followers Rachel Vennya dan Fadil Jaidi)

Main Article Content

Annisa Chairani Lubis

Abstract

Semenjak adanya handphone dan dukungan internet di tangan kita, manusia semakin dapat menguasai dan menjangkau hal-hal yang disukainya dengan mudah. Bermain Instagram, mengenal orang-orang baru hingga menemukan tokoh idola sudah menjadi hal yang lumrah terjadi dalam dunia maya, khususnya bagi kaum generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan Respon Generasi Z di Kota Medan sebagai followers terhadap unggahan influencer Rachel Vennya dan Fadil Jaidi di Instagram. Kajian utama dalam penelitian ini adalah seperti apa follower Instagram Rachel Vennya dan Fadil Jaidi menyikapi segala bentuk unggahan sang influencer mulai dari aspek unggahan kegiatan sehari—hari, opini tentang suatu isu, saat sedang endorsement, dan dampak perubahan budaya yang dialami pengikut akibat dari sang influencer dalam kehidupan sosial. Generasi Z dalam penelitian ini mengacu pada generasi yang paling aktif bermedia sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode netnografi, yang mana sangat relevan dalam melakukan eksplorasi hubungan dunia digital. Tipe penelitian ini adalah kualitatif, dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui survei ad-hoc, observasi digital, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kerangka konsep Miles & Hubberman dan Spradley. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa respon generasi Z di Kota Medan terhadap sosok influencer Rachel Vennya dan Fadil Jaidi memiliki kesan yang melekat dalam pengetahuan, sikap, maupun praktik. Lalu mereka juga berupaya berkomunikasi dengan influencer di Instagram, serta mengalami dampak perubahan budaya dalam pengetahuan, sikap, dan praktik pada diri individu dalam kehidupan sosialnya akibat sosok Rachel Vennya dan Fadil Jaidi di Instagram.

Article Details

How to Cite
Lubis, A. C. (2024). Generation Z Generation Z’s Response in Medan City to Social Media Instagram Influencers (A Case Study of Rachel Vennya and Fadil Jaidi’s Followers). Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 98-108. https://doi.org/10.21070/kanal.v12i2.1754
Section
Original Research

References

Dr. J. R. Raco, M. M. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristk, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo.
Giles, D. C. (2018). Twenty-First Century Celebrity: Fame in Digital Culture. United Kingdom: Emerald Publishing Limited.
Grace Putlia, N. N. (2020). Munculnya Digital Influencer Merubah Perilaku Konsumen Pada Promosi Produk, Pemilihan Produk, dan Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Pada Akun Youtube Ria SW. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, Vol 3, No.1, 39-50.
Hanif, M. (2011). Studi Media dan Budaya Populer Dalam Perspektif Modernisme dan Postmodernisme. Jurnal Komunika, Vol 5, No. 2, 235-251.
Hootsuite (We are Social). (2021, Oktober 1). Indonesian Digital Report 2021. Retrieved from Andi.Link: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/
Indonesia Survey Center. (2020, Oktober 1). Laporan Survey Internet APJII (2019-2020). Retrieved from Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII): https://survei.apjii.or.id/
Koentjaraningrat. (2015). Pengantar Ilmu Antropologi, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Launiala, A. (2009). How Much Can a KAP Survey Tell Us About People's Knowledge, Attitudes and Practices? Some Observations From Medical Anthropology Research on Malaria in Pregnancy in Malawi. Anthropolgy Matters Journal, Vol. 11, No. 1, 1-13.
Moleong, L. J. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustafa, I. (2020, Juni 14). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Retrieved from Good News From Indonesia: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial
Prasetya, M. R. (2020). Self-Presentation dan Kesadaran Privacy Micro-Influencer di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi, Vol. 4, No. 1.
Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. Vol 6, No.18, 123-134.
Rakhmat, J. (2004). Psikologi Komunikasi, Edisi-3. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah Vol.17, No. 33, 81-95.
Robert V. Kozinets, B. M. (2010). Netnography: The Marketer's Secret Weapon. Netbase, 1-11.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.