Collaboration between Educational Institutions and Media for the Advancement of Youth in the Digital Era


Kolaborasi lembaga Pendidikan dan Pers untuk Kemajuan Generasi Muda di Era Digital


  • (1) * Aninda Tri Safinatun Najah            Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang  
            Indonesia

  • (2)  Rafi Jauhari            Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi dalam era digital telah mengubah berbagai bidang kehidupan, salah satunya pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk memahami konsep kolaborasi antara lembaga pendidikan dan pers, implementasinya dalam era digital, serta mengidentifikasi strategi pengembangan untuk masa depan yang lebih baik. Metode penelitian ini adalah library research dengan pengumpulan data dari sumber primer dan sekunder. Teknik analisis melibatkan analisis isi dan analisis deskriptif untuk menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kolaborasi antara lembaga pendidikan dan pers didasarkan pada prinsip bahwa keduanya memiliki peran dalam membentuk masa depan generasi muda. Lembaga pendidikan bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan, sedangkan pers menyebarkan informasi dan mempromosikan inovasi pendidikan. Hubungan yang baik antara lembaga pendidikan dan pers dapat meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat, serta citra lembaga pendidikan. Strategi untuk pengembangan hubungan, yaitu peningkatan komunikasi dan kerjasama dengan media pers, penggunaan teknologi digital, serta pelatihan manajemen humas. Kesimpulannya, kolaborasi yang kuat antara lembaga pendidikan dan pers sangat penting untuk memajukan pendidikan dan membangun masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda.

References

Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118
Aras, M. (2014). Kegiatan Government Public Relation dalam Membangun Komunikasi dengan Dunia Pers: Studi Kasus Humas Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Humaniora, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3221
Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press, 1–143. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-19-5
Asmaul Husna, 411005978. (2016). Strategi Peliputan Berita Islami Pada Tabloid Gema Baiturrahman [Skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. http://library.ar-raniry.ac.id/
Buchori, A. (2019). Peran Dan Strategi Public Relation Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Pariwisata. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.47256/kji.v13i1.76
Camilleri, M. A. (2020). Higher Education Marketing Communications in the Digital Era (SSRN Scholarly Paper 3521848). https://papers.ssrn.com/abstract=3521848
Dakir. (2018). Manajemen humas di lembaga pendidikan era global (A. Qodir, Ed.). K-Media. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2644/
Damayanti, N., & Santoso, P. Y. (2012). Kegiatan Media Relations Departemen Pendidikan Nasional Dalam Sosialisasi Ujian Akhir Nasional. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.32509/wacana.v11i1.173
Effendy, O. U. (1997). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek / Onong Uchjana Effendy (Bandung). Remaja Rosdakarya.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Ghufron, M. A. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337.
Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. I. (2020). Komunikasi massa. Dalam KOMUNIKASI MASSA. CV. Penerbit Qiara Media. https://repository.petra.ac.id/19098/
Jefkins, F. W. (1998). Public relations. London, Eng. : M & E Pitman Pub. http://archive.org/details/publicrelations0000jefk_w2m2
Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1), Article 1. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/4198
Nuriman, N., Abubakar, M. B., Aiyub, A., Hasan, K., & Suzanna, E. (2022). Memahami Analisis Kualitatif. Tandaseru. https://tandaseru.co.id/services/detail/28
Nuruzzaman, M., Nurfalah, F., Khumayah, S., Irawan, N., & Santika, R. N. (2024). Digital Public Relations Communication Strategy in Swadaya Gunung Jati University, Indonesia dan Thai Global Bisnis Administration Technological College, Thailand. European Journal of Communication and Media Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24018/ejmedia.2024.3.1.30
Sholikhah, F. S. (2016). Strategi Media Relations PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk untuk Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Divisi Regional IV Wilayah Jateng & DIY). Komunikator, 8(2), Article 2. https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2396
Siregar, N. M., Hidayat, A., Marlina, M., & Lubis, N. F. (2023). Mempertegas Hukum dan Mengawal Pembangunan Nasional dengan Pendekatan Pers yang Humanis: (Media dan Masyarakat). INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/interaksi.v3i2.35703
Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67. https://scholar.google.com/scholar?cluster=6833616013137163596&hl=en&oi=scholarr
Suriady, I., Ningsih, F. P., Rini, G. M. R., & Savhira, F. F. (2023). Analisis media relations komisi pemilihan umum (KPI) sulawesi tengah. Kinesik, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i2.917
Triatmaja, D., Junani, B. L., & Sakinah, A. (2021). Strategi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurus Salam). PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.95
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. (1999). https://www.regulasip.id/regulasi/1477
Virajati, C., & Setianto, W. A. (2019). Kebijakan Redaksi Media dalam Pemberitaan Kehumasan (Analyzing Editorial Policy in Public Relations Release). JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.17933/iptekkom.21.1.2019.59-73
Yeung, M. Y., Cheng, H. H., Chan, P. T., & Kwok, D. W. (2023). Communication Technology and Teacher–Student Relationship in the Tertiary ESL Classroom During the Pandemic: A Case Study. Sn Computer Science, 4(2), 202. https://doi.org/10.1007/s42979-023-01667-7
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2024-08-25
 
How to Cite
Aninda Tri Safinatun Najah, & Rafi Jauhari. (2024). Collaboration between Educational Institutions and Media for the Advancement of Youth in the Digital Era. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(1), 12-20. https://doi.org/10.21070/kanal.v13i1.1792
Section
Original Research