Analysis of Instagram Visual Content @desa_kemiren in Building Kemiren Village Tourism Image


Analisis Konten Visual Instagram @desa_kemiren Dalam Membangun Citra Pariwisata Desa Kemiren


  • (1)  Alifiah Nurahma            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2) * M. Andi Fikri            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi dan bentuk konten yang digunakan oleh akun Instagram @desa_kemiren dalam membangun citra pariwisata Desa Kemiren. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana akun tersebut mengkomunikasikan kekayaan budaya dan pesona pariwisata desa kepada khalayak global. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah teori New Media oleh Pierre Levy. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan beberapa followers akun Instagram tersebut, sedangkan data sekunder bersumber dari literatur, media sosial, dan website resmi Desa Kemiren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @desa_kemiren berhasil memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya yang dimilikinya dengan strategi yang telah digunakan sehingga akun Instagram @desa_kemiren telah berhasil mebangun citra pariwisata Desa Kemiren. Bentuk komunikasi melalui konten visual yang menarik, seperti konten yang berisikan adat dan tradisi yaitu, tarian gandrung, kuliner pecel pithik, festival ngopi sepuluh ewu serta yang lainya. Penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata lokal Desa Kemiren dan membangun citra positif sebuah destinasi wisata di Desa Kemiren Banyuwangi.

References

Husnayaeni, D. A., & Tunggali, A. P. P. W. (2023). Analisis Konten Visual Post Instagram @Lensamu dalam Dakwah Islam Tengahan (Wasathiyah). Jurnal Audiens, 3(4), 301–317. https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.17958

Bastari, R. P., Aditia, P., & Putra, I. D. A. (2020). SUBSTANSI MAKNA PADA SENI KOMODITAS: KAJIAN SEMIOTIKA PADA KARYA KAWS x UNIQLO TAHUN 2019. Demandia, 05(02), 281–301. https://doi.org/10.25124/demandia.v

Lubis, Y. S. R., & Rorong, M. J. (2023). Membangun Citra Pariwisata Kota Batam Melalui Analisis Konten Instagram @Batampromotion. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(5). https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v5i5.7559

Martajaya, I. G. A. I. V., & Sari, I. K. (2021). Analisis Virtual Maps Dalam Pengembangan Pariwisata Denpasar di Era Society 5 . 0 ( Virtual Map Analysis in Denpasar Tourism Development in the Era. Seminar Nasional Desain, 1, 1–7. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/124

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Ratnasari, P. (2017). Musik Gedogan Di Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi (Tinjauan Sejarah Dan Perkembangan). Solah. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=ratnasari+P.+musik+Gedogan+di+Desa+kemiren&oq=#d=gs_qabs&t=1730552562768&u=%23p%3Dr4OCU-fP5KQJ

Sovira, M. Della. (2021). ANALISIS VISUAL KONTEN INSTAGRAM @KOPIJANJIJIWA EDISI KOLABORASI JOOX SEBAGAI MEDIA PROMOSI (KAJIAN SEMIOTIKA). BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Merda+Della+Sovira%2C+M.+R.+%282021%29.+Analisis+Visual+Konten+Instagram+%40kopijanjijiwa+Edisi+Kolaborasi+Joox+Sebagai+Media+Promosi+%28Kajian+Semiotika%29.+Barik-Jurnal+S1+Desain+Komunikasi+Visual.&btnG=#d=gs_qabs&t=1730553071393&u=%23p%3D9VrM2oCRYMoJ

Anggreani, M. D. (2020). Strategi Lembaga Adat Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Adat Osing Kemiren. Jurnal Pemerintahan Dan Kebijakan (JPK).

RWZ, A. W. (2021). Preservasi Budaya Osing Melalui Internalisasi Budaya Berbasis Sekolah Adat Sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3, No 2.

Marsono. (2019). AGRO DAN DESA WISATA : Profil Desa Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. In Gadjah Mada University Press. Gadjah Mada University Press. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2025-03-16
 
How to Cite
Nurahma, A., & Fikri, M. A. (2025). Analysis of Instagram Visual Content @desa_kemiren in Building Kemiren Village Tourism Image . Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 90-99. https://doi.org/10.21070/kanal.v13i2.1804
Section
Original Research