K3Mart Attracts Consumer Interest Through Marketing Communication Strategy
K3Mart Menarik Minat Konsumen Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran
Abstract
Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran K3Mart dalam menarik minat konsumen yang mengkaji terkait aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh K3Mart sehingga dapat menarik minat konsumen untuk berbelanja di K3Mart yang dimana hal ini memiliki potensi yang baik bagi K3Mart dalam menunjang fungsi ekonomis nya sebagai perusahaan dan identitas perusahaan yang penting bagi perusahaan untuk mendapat pemaknaan yang baik oleh konsumen. Peneliti tertarik dengan adanya K3Mart melalui keunikan K3Mart sebagai supermarket dengan konsep unik dan modern yang berbeda dibandingkan dengan supermarket lainnya. Selain itu, peneliti juga tertarik melalui pemberitaan yang mengacu pada fenomena K3Mart sebagai supermarket yang popular belakangan ini. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan peneliti menemukan adanya serangkaian proses yang dilakukan oleh K3Mart dalam menunjang profitabilitas perusahaan melalui kegiatan dari aktivitas komunikasi pemasaran yang dikenal dengan istilah The Marketing Communications Planning Framework mulai dari context analysis, communication goals and positioning, 3p’s of communication strategy, coordinated communication mix hingga pada implementation, control and evaluation.
References
Abidin Syahrul, & Nuari Achmad. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM DIGITAL MERKETING DI INDIE LIGHT (PT. NICKY TRI CAHAYA). Edunomika.
Alisha, U. (2019). Strategi Persaingan Bisnis Waralaba Berbasis Agama. Human Falah, 6, 1–18.
Ambarwati Kusmayra, Fiantika R Feny, & Honesti Leli. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Pertama; Novita Yuliatri, Ed.). Padang: PT.GLOBALESKSEKUTIFTEKNOLOGI.
Azzahrani, M. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia dalam Pesona Indonesia melalui Youtube. Jurnal Manajemen Komunikasi , 2(2), 144–161.
Burhanuddin Rabbani Ni Desak Made Santi Diwyarthi Muliyati Muhammad Umar Hadawiah Yane Puspito Sari Sukrin Intisari Haryanti Muhammad Hery Santoso Wayan Ardani Salehan, D. A., & Silalahi, M. (2022). KOMUNIKASI PEMASARAN (Pertama). Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from www.globaleksekutifteknologi.co.id
Cangara Hafied. (2017). PERENCANAAN & STRATEGI KOMUNIKASI .
Chris Fill. (2009). Marketing Communication Interactivity, Communities and Content .
Dewi Nur’aini, R. (2020). PENERAPAN METODE STUDI KASUS YIN DALAM PENELITIAN ARSITEKTUR DAN PERILAKU. In 92 INERSIA (Vol. 1).
Erislan. (2024). BUKU AJAR MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL. Makassar: Mitra Ilmu. Retrieved from www.mitrailmumakassar.com
Erlangga Heri, Fawzi Marissa, Iskandar Ahmad, & Nurjaya. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Ersa, V., Mulyadi Raf, & Kartika Slyvia. (2021). Pengaruh Direct Selling terhadap minat beli pada produk PT Surya Sentosa Primatama-Daihatsu Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(1).
Farahdiba Dea. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. JURNAL ILMIAH KOMUNIKASI MAKNA, 8(1). https://doi.org/10.30659/jikm.8.1.22-38
Fill Chris, & Turnbull Sarah. (2016). MARKETING COMMUNICATIONS discovery, creation and conversations (Seventh). Edinburgh: PEARSONEDUCATIONLIMITED.
Firmansyah Anang M. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN (Pertama). Pasuruan : CV. Penerbit Qiara Media.
Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (Effendi Mahfud & Ruslan, Eds.). Sukabumi: CVJejak.
Gama A. Martinho. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI TJANGKIR 13. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2).
Gheta, Hendrayani, & Nugraha. (2022). Brand Marketing The Art of Branding (Sudirman Acai, Ed.). Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA.
Hamzah, R. E., & Azhari, R. R. (2019). KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE HOTEL GRAND SAHID JAYA JAKARTA. JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, 2, 184–185.
Hanifah, J. P., Fauziyyah, B., & Prastyorini, J. (2024). STRATEGI BISNIS PEMASARAN (Prastyorini Juli, Ed.). Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Iqbal M. Arif. (2023, December 27). Hadir di 10 Kota Besar di Indonesia, K3Mart Telah Dikunjungi 1 Juta Pelanggan.
Mayasari, I., Wijanarko, A., Risza, H., Kurniaty, D., Apriyana, N., & Chadijah, I. W. (n.d.). Konsep dan Studi Merek Lokal.
Musa Muhammad, & Sudirman Indrianty. (2023). STRATEGI PEMASARAN (Ansar, Ed.). Nusa Tamalanrea Indah: Intelektual Karya Nusantara.
Nasution Abdul. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Pertama). Bandung: CV. Harfa Creative.
Nujiyatillah Siti, Salamah Mukhayati, & Septyadi Muhammad. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE: HARGA DAN PROMOSI. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 302–303. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Nurahma, G. A., & Hendriani, W. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Mediapsi, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Nurdiani, N. (2014). TEKNIK SAMPLING SNOWBALL DALAM PENELITIAN LAPANGAN. ComTech, 5(2), 1110–1118.
Prof. Dr. Robert. K. Yin. (2014). STUDI KASUS : Design & Metode. Jakarta: PT.RajaGraffindoPersada.
Riyanto, E. (2017). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (IMC) SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KARANGANYAR. Komuniti, IX(1), 46.
Ruhamak, M. D., & Syai’dah, E. H. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 7. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i2.186
Santoso, R., Ahlis Munawi, H., & Permatadeny Nevita, A. (2020). ANALISA PERILAKU KONSUMEN: STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS DI ERA EKONOMI DIGITAL. G-Tech Jurnal Teknologi Terapan , 4(1), 286–294.
Simangunung Reganda. (2021). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADATEH PUCUKHARUM). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran , 11(2).
Srisusilawati Popon, Ibrahim Andri, & Ganjar Randi. (2019). Komunikasi Pemasaran Syariah dalam Minat Beli Konsumen. Ekonomi Syariah Indonesia, IX(1), 68–69.
Suciarto Sentot. (2018). Pengembangan Produk, Branding dan Pemberian Label Pada Kemasan Produk. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata. Retrieved from www.unika.ac.id
Sulaiman, A., & Surya, D. (2018). PENGARUH BRAND EXTENSION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ENDURO MATIC-G MELALUI CITRA MEREK (Survey Pada Konsumen Pengguna Enduro Matic-G di Kota Serang). 3. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM
Wibowo S. Pandu. (2021). Strategi komunikasi pemasaran sharp indonesia di era pandemi covid-19 dan kenormalan baru. JURNAL KOMUNIKASI PROFESIONAL, 5(1), 40–41. Retrieved from http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta (JKMT), 1, 3. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1
Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (n.d.). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. Journal Management, 19(3), 2020.

Copyright (c) 2025 Maria Yuliastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.