https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/issue/feed Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi 2025-03-28T14:22:24+00:00 Totok Wahyu Abadi totokwahyuabadi@umsida.ac.id Open Journal Systems <p><strong>KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi &nbsp; </strong>journal is an international journal published by <a href="http://www.umsida.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Muhammadiyah Sidoarjo</strong></a>. The research article submitted to this online journal will be <strong>double blind peer-reviewed (Both reviewer and author remain anonymous to each other)</strong> at least 2 (two) reviewers. The accepted research articles will be available online following the journal peer-reviewing process. <strong>Language used in this journal is English.</strong></p> <h3 class="mycustom-background">Focus and Scope</h3> <ul> <li class="show">Aim: to facilitate scholar, researchers, and teachers for publishing the original articles of review articles.</li> <li class="show">Scope: Communication Science include: <ol> <li class="show">Interpersonal Communication</li> <li class="show">Mass Communication</li> <li class="show">Politics Communication</li> <li class="show">Development Communication</li> <li class="show">Communication Media</li> <li class="show">Culture Communication</li> <li class="show">Business Communication</li> <li class="show">Public Relation</li> <li class="show">Journalism</li> </ol> </li> </ul> https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1832 Shifting Indonesian Beauty Standards on TikTok @cadburylemonade: A Critical Discourse Analysis Study 2025-03-11T07:17:59+00:00 Gesilia Wilmanda gesilia2115030305@webmail.uad.ac.id Nunik Hariyanti nunik.hariyanti@comm.uad.ac.id <p>Standar kecantikan wanita merupakan konstruksi sosial yang berkembang dan terbentuk melalui pengaruh budaya, media, dan norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat. Pada era media massa tradisional kecantikan dimaknai sebagai tolok ukur yang bersifat homogenitas yang cenderung tidak merepresentasikan kecantikan dari beberapa kelompok etnis. Perkembangan media sosial seperti TikTok berperan dalam membentuk standar kecantikan, dengan memberikan suara dan ruang bagi beragam representasi kecantikan yang lebih terbuka dan plural. @cadburylemonade merupakan influencer TikTok yang mempromosikan konsep kecantikan yang luas dan tidak terpaku pada standar masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana @cadburylemonade melalui platform TikTok, ikut berperan dalam meredefinisi standar kecantikan wanita di Indonesia. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis wacana kritis model Norman Fairclough, penelitian ini menggali bagaimana akun ini merepresentasikan kecantikan yang beragam, serta bagaimana hal tersebut berkontribusi terhadap perubahan persepsi masyarakat Indonesia tentang kecantikan wanita. Penelitian ini menjumpai simpulan bahwa TikTok efektif menjadi media rekonstruksi makna kecantikan. Khususnya melalui akun @cadburylemonade, yang dengan pembawaan positif dan penuh percaya diri menunjukkan kebalikan dari standar kecantikan yang ada di Indonesia saat ini, justru membawa komentar dan respon positif dari audiens. Pola konsumsi audiens ini, mengindikasikan adanya proses penerimaan atas konsep cantik yang seharusnya lebih representatif bagi banyak kalangan di Indonesia.&nbsp; Hal ini menunjukkan bahwa melalui platform seperti TikTok, makna kecantikan dapat direkonstruksi, menawarkan perspektif yang lebih luas dan beragam mengenai apa yang dianggap cantik di masyarakat Indonesia.</p> 2025-03-10T12:47:19+00:00 Copyright (c) 2025 Gesilia Wilmanda, Nunik Hariyanti https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1804 Analysis of Instagram Visual Content @desa_kemiren in Building Kemiren Village Tourism Image 2025-03-16T07:24:09+00:00 Alifiah Nurahma alifiahnrr@gmail.com M. Andi Fikri m.andifikri@umsida.ac.id <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini menganalisis strategi dan bentuk konten yang digunakan oleh akun Instagram @desa_kemiren dalam membangun citra pariwisata Desa Kemiren. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana akun tersebut mengkomunikasikan kekayaan budaya dan pesona pariwisata desa kepada khalayak global. Teori yang digunakan sebagai landasan penelitian ini adalah teori New Media oleh Pierre Levy. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan beberapa followers akun Instagram tersebut, sedangkan data sekunder bersumber dari literatur, media sosial, dan website resmi Desa Kemiren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @desa_kemiren berhasil memanfaatkan Instagram sebagai platform untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya yang dimilikinya dengan strategi yang telah digunakan sehingga akun Instagram @desa_kemiren telah berhasil mebangun citra pariwisata Desa Kemiren. Bentuk komunikasi melalui konten visual yang menarik, seperti konten yang berisikan adat dan tradisi yaitu, tarian gandrung, kuliner pecel pithik, festival ngopi sepuluh ewu serta yang lainya. Penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata lokal Desa Kemiren dan membangun citra positif sebuah destinasi wisata di Desa Kemiren Banyuwangi.</p> 2025-03-16T04:35:20+00:00 Copyright (c) 2025 Alifiah Nurahma, M. Andi Fikri https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1805 Group Communication In Arranged Marriages In The Nurul Islam Islamic Boarding School Family in Jember 2025-03-19T07:29:31+00:00 Najmah Najmah tijaninajmah@gmail.com Juariyah Juariyah juariyah@unmuhjember.ac.id <p>The phenomenon of arranged marriage is a phase which becomes a moment or form of determining a partner for future offspring, and arranged marriages within the families of Kiai Pesantren Nurul Islam Jember is a phenomenon that occurs to this day. Matchmaking at the Nuris Jember Islamic Boarding School is democratic as they are given the right to accept or reject the match. In connection with this problem, the researcher aims to examine how group communication occurs in matchmaking at the Nurul Islam Islamic Boarding School in Jember. The research method used is a qualitative research method. The data analysis technique is carried out through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research are first, in the process of choosing a mate for their sons and daughters there are two stages, first, Kyai as parents prefer and prioritize the Kyai's descendants/native factors, and second, matchmaking is carried out outside the Nuris family which cannot be separated from several factors. certain. Second, so that the Islamic boarding school's struggle continues and the creation of family ties with other Kyai and arranged marriages in the Nuris Islamic Boarding School as well as to avoid difficulties that will hinder it in the future. Third, form a family that is sakinah, mawaddah, wa rahmah, full of love and always gets God's grace. In this case, the families of the arranged marriage can be of the same understanding and unity in carrying out and building family life.</p> 2025-03-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 najmah najmah, j juariyah https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1798 The Influence of Word of Mouth Communication and Social Media Promotion on the Decision to Choose Bank Syariah Indonesia Savings Products at the Sidoarjo Jenggolo Branch 2025-03-26T07:48:41+00:00 Oktaviani Pertiwi 232022000142@umsida.ac.id Ainur Rochmaniah ainur@umsida.ac.id <p>The aim of this research is to look at the influence of Word of Mouth communication and social media promotion on the decision to choose Bank Syariah Indonesia savings products at the Sidoarjo Jenggolo branch. The quantitative research method is the questionnaire data collection technique. The analysis technique used is Multiple Linear Regression analysis using the SPSS calculation application. The results of this research show that there is an influence of Word of Mouth communication and social media promotion in the decision to choose Bank Syariah Indonesia savings products at the Sidoarjo Branch with an R value of 0.932, which is included in the very strong influence category, and the contribution of these two variables is 86.6%. It is hoped that in this research BSI will improve good relationships with customers and for further research we can examine the role of public relations in improving BSI on social media.</p> 2025-03-26T04:07:01+00:00 Copyright (c) 2025 Oktaviani Pertiwi , Ainur Rochmaniah https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1833 Communication Management During Drought Emergency Response 2025-03-28T07:55:53+00:00 Dika Setiawan terbiasajadidika@gmail.com Sarbini Sarbini terbiasajadidika@gmail.com Agus Sriyanto terbiasajadidika@gmail.com Joni Rusdiana terbiasajadidika@gmail.com <p>Kabupaten Sragen, sebagai bagian dari Indonesia, tidak luput dari ancaman bencana hidrometeorologi seperti kekeringan. Bencana kekeringan di Kabupaten Sragen merupakan bencana periodik tahunan yang terjadi setiap bulan Juni hingga September. Hal tersebut mengakibatkan tujuh kecamatan di Kabupaten Sragen mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Penelitian ini mengkaji bagaimana MDMC Sragen menerapkan manajemen komunikasi bencana dalam tanggap darurat kekeringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori manajemen komunikasi bencana yang meliputi aspek planning, organizing, actuating, dan controlling dari George R. Terry. Hasil penelitian ini menunjukkan betapa pentingnya kerja sama dengan pihak internal dan eksternal.</p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dika Setiawan Dika, Sarbini Sarbini, Agus Sriyanto, Joni Rusdiana https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1841 K3Mart Attracts Consumer Interest Through Marketing Communication Strategy 2025-03-28T07:55:28+00:00 Keisya Natalia Putri Senda maria_yuliastuti@ukwms.ac.id Maria Yuliastuti maria_yuliastuti@ukwms.ac.id Theresia Intan Putri Hartiana maria_yuliastuti@ukwms.ac.id <p>Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran K3Mart dalam menarik minat konsumen yang mengkaji terkait aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh K3Mart sehingga dapat menarik minat konsumen untuk berbelanja di K3Mart yang dimana hal ini memiliki potensi yang baik bagi K3Mart dalam menunjang fungsi ekonomis nya sebagai perusahaan dan identitas perusahaan yang penting bagi perusahaan untuk mendapat pemaknaan yang baik oleh konsumen. Peneliti tertarik dengan adanya K3Mart melalui keunikan K3Mart sebagai supermarket dengan konsep unik dan modern yang berbeda dibandingkan dengan supermarket lainnya. Selain itu, peneliti juga tertarik melalui pemberitaan yang mengacu pada fenomena K3Mart sebagai supermarket yang popular belakangan ini. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan peneliti menemukan adanya serangkaian proses yang dilakukan oleh K3Mart dalam menunjang profitabilitas perusahaan melalui kegiatan dari aktivitas komunikasi pemasaran yang dikenal dengan istilah The Marketing Communications Planning Framework mulai dari context analysis, communication goals and positioning, 3p’s of communication strategy, coordinated communication mix hingga pada implementation, control and evaluation.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2025-03-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Maria Yuliastuti https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1803 Group Communication in Rising Students of Singapore Open University POKJAR 2025-03-28T04:15:20+00:00 Audry Shintya Dewi audrysdewi02@gmail.com Nur Maghfirah Aesthetika fira@umsida.ac.id <p>This journal discusses group communication among students of Universitas Terbuka Pokjar Singapore with a focus on the groupthink theory. The purpose of this research is to descriptively explore the influence of group communication on the achievement of shared goals among students and also the handling of each member in facing obstacles from the attitude of the instructor in conducting lectures. The research method used is descriptive research with data collection through observation and structured interviews with several groups of students. Using the Groupthink theory according to Raimond Cattel to achieve results. The research results show that support from each group member is very much needed, as some members face obstacles from the employer that hinder them and require&nbsp; special support and solutions from each member. This finding shows the importance of paying attention to group communication aspects in optimizing the achievement of common goals in the academic environment. The implications of this research provide valuable knowledge or understanding for the development of group communication strategies among students of Universitas Terbuka Pokjar Singapore.</p> 2025-03-28T04:14:00+00:00 Copyright (c) 2025 Audry Shintya Dewi, Nur Maghfirah Aesthetika https://kanal.umsida.ac.id/index.php/kanal/article/view/1835 Influence of Social Media Use in The Law Enforcement Process in Indonesia 2025-03-28T14:22:24+00:00 Khoiriah Khoiriah khoiriah144@gmail.com Kurniawan Kurniawan wawan25022000@gmail.com Siti Dewi Yanti sitidewiyanti123@gmail.com Fani Agung Mulyani faniagungm@gmail.com Puja mardiana22 pujamardiana02@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap penegakan hukum di Indonesia. Penelitian ini&nbsp; pendekatan kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui survei yang melibatkan 50 responden pengguna media sosial aktif. Kuesioner yang digunakan terdiri dari pertanyaan tertutup dengan skala Likert untuk mengukur persepsi masyarakat mengenai peran media sosial dalam proses penegakan hukum. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media sosial berperan signifikan dalam membentuk opini publik dan mempengaruhi respons aparat penegak hukum terhadap kasus-kasus yang viral. Penelitian ini juga menemukan bahwa peningkatan aktivitas netizen di media sosial dapat mendorong penegakan hukum yang lebih transparan dan responsif. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan akuntabilitas dan independensi sistem peradilan di Indonesia.</p> 2025-03-28T14:22:24+00:00 Copyright (c) 2025 Khoiriah Khoiriah, Kurniawan Kurniawan, Siti Dewi Yanti, Fani Agung Mulyani, Puja mardiana22