The Virtual Identity of Play Together Players on Instagram
Identitas Virtual Pemain Play Together di Instagram
Abstract
Perkembangan teknologi digital dan popularitas game online membuka peluang bagi generasi Z untuk membangun identitas virtual yang melampaui kehidupan nyata. Penelitian ini membahas bagaimana pemain game Play Together membentuk dan menampilkan identitas virtual mereka di Instagram dengan menggunakan teori identitas sosial, selective self-presentation, dan dengan konsep context collapse. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode etnografi virtual, melalui observasi partisipasi dan wawancara mendalam terhadap pemain Play Together generasi Z. Fokus penelitian ini adalah memahami cara pemain membangun, menegosiasikan, dan merepresentasikan identitas virtual di ruang digital. Serta faktor- faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemain secara aktif memilih aspek identitas yang ingin ditampilkan dan menyesuaikan dengan audiens beragam di Instagram, sekaligus mempertahankan ciri diri mereka di dunia nyata. Proses ini dipengaruhi oleh interaksi komunitas virtual, pengalaman pribadi, serta strategi menghadapi tumpang tindih audiens. Identitas virtual bagi generasi Z terbukti
bersifat fleksibel, situasional, dan terhubung erat dengan interaksi sosial di dunia digital.
References
Pemain Indonesia Dalam Online Game. Jurnal Komunikasi
Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.7454/jki.v4i2.8884
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram Sebagai Media
Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Pada a.D.a
Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis
Indonesia, 2(2), 466–477.
https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.479
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips
Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
Butler, J. (2020). Performative Acts and Gender Constitution: An
Essay in Phenomenology and Feminist Theory. Routledge.
Duguay, S. (2016). “He has a way gayer Facebook than I do”:
Investigating sexual identity disclosure and context collapse
on a social networking site. New Media & Society, 18(6),
891–907. https://doi.org/10.1177/1461444814549930
Gabarnet, A., Montesano, A., & Feixas, G. (2022). Virtual-self
Identity Construal in Online Video Games: A Repertory
Grid Study Protocol. Aloma: Revista de Psicologia,
Ciències de l’Educació i de l’Esport, 40(1), 9–21.
https://doi.org/10.51698/aloma.2022.40.1.9-21
Goffman, E. (1959). THE PRESENTATION OF SELF EVERYDAY
LIFE.
Hariyono, M. B., & Arviani, H. (2024). Konstruksi Identitas
Virtual Warga Kota Indopride dalam Dunia Virtual Grand
Theft Auto V Roleplay (Vol. 7, Issue 10).
http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Herawati, E. (2014). KONSTRUKSI REALITAS KEHIDUPAN
KEDUA PEMAIN GAME ONLINE: STUDI PADA PARA
PEMAIN GAME ONLINE DALAM MEMBENTUK
REALITAS DAN KOMUNITAS VIRTUAL (Vol. 5, Issue 1).
Hine, C. (2000). Virtual Ethnography.
Hine, C. (2015) Ethnography for Internet. Embedded, Embodied,
and Every day. (1 st). New York: Bloomsbury Academic.
Hollenbaugh, E. E. (2021). Self-Presentation in Social Media:
Review and Research Opportunities. Review of
Communication Research, 9, 80–98.
https://doi.org/10.12840/ISSN.2255-4165.027
Marwick, A. E., & Boyd, D. (2011). I tweet honestly, I tweet
passionately: Twitter users, context collapse, and the
imagined audience. New Media and Society, 13(1), 114–
133. https://doi.org/10.1177/1461444810365313
Moleong J Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.
Remaja Rosda karya Bandung.
Muhammad Al-Khahfi Akhmad. (2024). KONSTRUKSI
IDENTITAS DIGITAL GEN-Z PENGGUNA SECOND
ACCOUNT INSTAGRAM DI KOTA MAKASSAR
CONSTRUCTION OF GEN-Z DIGITAL IDENTITY ON
SECOND ACCOUNT INSTAGRAM IN MAKASSAR CITY.
Nagy, P., & Koles, B. (2014). The digital transformation of
human identity. Convergence: The International Journal
of Research into New Media Technologies, 20(3), 276–
292. https://doi.org/10.1177/1354856514531532
Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual Riset Komunikasi,
Budaya, Dan Sosioteknologi Di Internet. Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Piliang, Y. A. (2012). MASYARAKAT INFORMASI DAN
DIGITAL.
Pradhana, Y. (2021). Utilization of Virtual Community as a
Communication Media For Pokemon Go Game Group
(JPR) Using Social Media. Jurnal Komunikasi, 13(2), 200.
https://doi.org/10.24912/jk.v13i2.9935
Purwaningtyas, M. P. F., & Oktara, T. A. (2023). The Role-
playing Self: Virtual Ethnography Study of K-Pop Fans’
Idol-roleplaying and Self-identity in Twitter. Jurnal
ASPIKOM, 8(1), 95.
https://doi.org/10.24329/aspikom.v8i1.1216
Riyan Maulana, M. (2024). Eksplorasi Motivasi Bermain Game
pada Generasi Z: Pendekatan Etnografi Exploring Game
Playing Motivation in Generation Z: An Ethnographic
Approach. In JICOMP: Journal of Informatics and
Computer (Vol. 1, Issue 2).
Seemiller, C., & Grace, M. (2018). Generation Z A Century in
the Making. Routledge.
https://doi.org/10.4324/9780429442476
Sekarjati, R., & Palupi, ; (2023). PRESENTASI DIRI ONLINE
PENGGUNA ZEPETO MELALUI AVATAR.
Sufah, I. F., Kusumastuti, N., & Satrio, N. A. (2023). Discord
Sebagai Sarana Bagi Para Gamers Untuk Berinteraksi di
Dunia Maya. Prosiding Seminar Nasional, 509–521.
Tajfel, H, Turner J. C. 1986. Teori Identitas Sosial Perilaku
antargolongan. Psikologi Hubungan antarkelompok.
Chicago: Nelson-Hall
Tri Nugroho Adi. (2024). Context Collapse Theory (danah boyd
& Alice Marwick). SinauKomunikasi.
https://sinaukomunikasi.wordpress.com/2024/04/01/conte
xt-collapse-theory-danah-boyd-alice-marwick/
Twenge, J. M. (2017). The Impact of Technology and Social
Media on Generation Z. Journal of Adolescence.
Vadeliya Setiyo Saputri. (2020). KONSTRUKSI IDENTITAS
DIRI VIRTUAL MELALUI.
Walther, J. B. (2007). Selective self-presentation in computer-
mediated communication: Hyperpersonal dimensions of
technology, language, and cognition. Computers in Human
Behavior, 23(5), 2538–2557.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2006.05.002
Walther, J. B., & Whitty, M. T. (2021). Language, Psychology,
and New New Media: The Hyperpersonal Model of
Oidhia Laura, Augustin Mustika Chairil Identitas Virtual Pemain Play
Together di Instagram
Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi |kanal.umsida.ac.id/index.php/ 2025 | Volume | Issue
Mediated Communication at Twenty-Five Years. Journal of
Language and Social Psychology, 40(1), 120–135.
https://doi.org/10.1177/0261927X20967703
Wexler, M., Yu, Y., & Bridson, S. (2018). Putting Context Collapse
in Context. In Journal of Ideology (Vol. 40, Issue 1).
Yoanita, D., Chertian, V. G., & Ayudia, P. D. (2022).
Understanding gen z’s online self-presentation on multiple
Instagram accounts. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian
Journal of Communications Studies), 6(2), 603–616.
https://doi.org/10.25139/jsk.v6i2.4922

Copyright (c) 2025 Oidhia Laura, Augustin Mustika Chairil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.